BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1
Kesimpulan
Berdasarkan hasil
refleksi dengan mitra guru (observer) dan berdasarkan hasil analisis hasil
evaluasi ualangan harian diperole kesimpulan sebagai berikut :
1.
Proses
belajar dengan model pembelajaran Card Sort berbasis pendekatan CTL memiliki
kontribusi yang positif bagi peningkatan hasil belajar siswa.
2.
Beberapa
keunggulan model pembelajaran Card Sort yang didapat melalui kegitan
implementasi inovasi pembelajaran Sosiologi ini, antara lain:
a)
Model
ini cocok digunakan untuk usia siswa MA;
b)
Mudah
dan murah;
c)
Mengutamakan
kerjasama;
d)
Menyenangkan
dan tidak membosankan;
e)
Saling
menunjang;
f)
Siswa
aktif
4.2
Saran
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah :
a)
Pelaksanaan
pembelajaran dengan model Card Sort dan dengan pendekatan CTL dalam
pembelajaran Sosiologi perlu terus ditingkatkan mengingat cukup signifikan
dampak postitif penerapannya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa;
b)
Guru
Sosiologi harus dapat mengenali dan
menggunakan berbagai model pembelajaran; sehingga mempunyai banyak pilihan
untuk diterapkan sesuai dengan materi dan/atau kompetensi dasar, karakteristik
siswa serta ketersediaan sarana dan prasarana.
PTK Lengkap : pesan ke joeyusi65@yahoo.com
atau vis SMS ke 081563451257 (hanya SMS saja, tidak melayani Panggilan suara)
PTK Lengkap : pesan ke joeyusi65@yahoo.com
atau vis SMS ke 081563451257 (hanya SMS saja, tidak melayani Panggilan suara)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar