ABSTRAK
……………2001. Meningkatkan
Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Pada
Siswa ………………SMP……………… Tahun Pelajaran 2001/2002
Kata Kunci: pembelajaran Bahasa Inggris,
kooperatif model TGT
Berbagai
dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa
dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam
mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam
metode pembelajaran cooperative learning
bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem
pengajaran cooperative learning bisa
didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di
dalam struktur ini adalah lima
unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif,
tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan
proses kelompok.
Penelitian
ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model TGT
berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi
pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif
model TGT?
Tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif
model TGT terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. (b) Ingin mengetahui seberapa
jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah
diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa ………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus
III (89,29%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat berpengaruh
positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas ………… SMP ……….., serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa Inggris.
Documen lengkap bab 1 s.d bab 5 + daftar pustaka dapat di dounload pada link dibawah ini :
http://adf.ly/CUVC2
Cara Dounload, clik Link di atas, tunggu beberapa detik. Kemudian di pojok kanan atas layar dekstop anda ada tulisan SKIP PAD klik skip pad dan anda tinggla dounload file berbentuk zip.
Documen lengkap bab 1 s.d bab 5 + daftar pustaka dapat di dounload pada link dibawah ini :
http://adf.ly/CUVC2
Cara Dounload, clik Link di atas, tunggu beberapa detik. Kemudian di pojok kanan atas layar dekstop anda ada tulisan SKIP PAD klik skip pad dan anda tinggla dounload file berbentuk zip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar