Dalam konstelasi dinamika pembangunan di
Indonesia, salah satu isu yang menarik untuk dikaji adalah mutu pendidikan yang rendah. Gejala
tentang rendahnya mutu pendidikan di Indonesia semakin dirasakan dan muncul
sebagai topik pembicaraan di kalangan para teoritisi, praktisi, bahkan orang
awam sekalipun, sehingga setidaknya memunculkan empat pandangan. Pandangan kesatu melihat mutu pendidikan
dari prestasi belajar siswa yang mengukur pengetahuan kognitif. Dalam pandangan
ini mutu pendidikan ditentukan oleh struktur dasar keilmuan yang ketat.
Pembakuan secara terpusat dilakukan mulai dari kurikulum, pokok bahasan, metode
pengajaran, pengadaan sarana dan prasarana, sampai dengan evaluasi belajar,
dengan maksud agar setiap materi kurikulum dapat diserap oleh siswa. Kalangan
kedua melihat mutu pendidikan dari prosesnya. Pandangan ini menganggap
kurikulum tidak perlu terstruktur ketat, yang penting adalah siswa dapat secara
aktif belajar. Pandangan ketiga melihat
mutu pendidikan dari masukannya seperti
guru, alat-alat pelajaran, buku pelajaran, perpustakaan dan sarana prasarana
pendidikan. Pandangan keempat melihat
mutu pendidikan dari efektivitas dan efisiensi pengelolaan satuan
pendidikan.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Guru dan Penggunaan
Multimedia Pembelajaran terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa di MAN Pacet
Kabupaten Cianjur.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal riset. Metode kausal
riset adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki
kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang
ada dan mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data
tertentu, yang dikumpulkan kemudian disusun secara sistematis dan
dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
Berdasarkan
hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Fhitung > Ftabel
yaitu (69,230
> 3.18) maka dapat disimpulkan hipotesis penelitian Adanya Pengaruh Positif
Signifikan Pelatihan Guru Dan Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN Pacet Cianjur (Ha:diterima), sedangkan nilai korelasi yang didapatkan
adalah sebesar 0.853, nilai tersebut menunjukkan bila besar derajat kekuatan
hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat (Pengaruh Pelatihan Guru
dan Pengunaan Multimedia Pembelajaran) terhadap variabel terikat (Peningkatan
Minat Belajar Siswa) adalah pada hubungan yang sangat kuat karena ada pada
kisaran 0.800 - 1.000 berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi pada
bab III. Sedangkan pengaruh Pelatihan Guru dan Penggunaan
Multimedia Pembelajaran, terhadap variabel
terikat Peningkatan Minat Belajar Siswa sebesar 72,7% dan sisanya sebesar 27,3%
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata
kunci: Pelatihan Guru, Penggunaan Multimedia, Peningkatan Minat Belajar .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar