Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 Juli 2012

PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PERPUSTAKAAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.              Latar Belakang
Keberadaan perpustakaan selama ini belum mendapat perhatian serius dari dunia pendidikan. Di  beberapa  sekolah maupun  perguruan  tinggi  perpustakaan  di  posisikan sebagai pelangkap dan di biarkan menderita. Kurikulum bolak balik diganti, guru-guru berulang kali di tatar dan kepala sekolah sampai jemu mengikuti penataran manajemen sekolah. Tetapi nasib perpustakaan sekolah tidak di pikirkan. Dalam undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional masalah perpustakaan hanya samara-samar. Pada bab I pasal 1 ayat 23 disebutkan bahwa “Sumber daya pendidikan adalah  segala  sesuatu  yang  di  gunakan  dalam  penyelenggaraan  pendidikan  yang meliputi  tanaga  pendidikan, masyarakat,  dana,  sarana  dan  prasarana”. Dalam  bab-bab berikutnya dan penjelasannya tidak disebutkan dengan jelas komponen apa saja yang di maksud dengan sarana dan prasarana. Hal ini berbeda dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang dulu (UU No. 2 tahun 1989 pasal 35). Dalam undang-undang ini  dijelaskan  bahwa  setiap  satuan  pendidikan  baik  yang  diselenggarakan  oleh pemerintah  maupun  masyarakat  harus  menyediakan  sember  belajar.  Pada  penjelasan pasal  tersebut diterangkan bahwa salah satu sumber belajar yang penting,  tetapi bukan satu-satunya  adalah  perpustakaan  yang memungkinkan  para  tenaga pendidik  dan  para peserta  didik  memperoleh  kesempatan  untuk  memperluas  dan  memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan.
Perpustakaan  merupakan  unit  kerja  yang  menghimpun,  menhelola  dan
menyajikan kekayaan intelektual untuk kepentingan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi  dan  rekreasi  untuk  mencerdaskan  kehidupan  bangsa.  Unit  kerja  ini  akan berdaya guna dan berhasil apabila dikelola oleh tenaga pendidik secara formal minimal Diploma III bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.
Keberadaan  perpustakaan  berguna  untuk  meningkatkan  kualitas  pendidikan. Perpustakaan  di  Negara  berkembang  memiliki  beberapa  tujuan  antara lain :menggalakan keberaksaraan, mendukung kurikulum, pendidikan secara umum dan mengembangkan minat baca. Oleh karena itu pengelola perpustakaan seharusnya tenaga terdidik, selain itu mereka juga harus memiliki pendidikan formal perpustakaan sebagai pengetahuan yang memadai, percaya diri, paham politik dan tidak mengisolasi diri.

B.              Hakikat
  Perpustakaan  pada  hakekatnya  adalah  system  pengelolaan  informasi  oleh sumber  daya  yang  terdidik  dalam  bidang  perpustakaan,  dokumentasi  dan  informasi. Dalam  pengelolaan  dan  pemanfaatan  perpustakaan  diperlukan  gedung/tata  ruang, anggaran, sarana dan prasarana yang memadai.
C.              Fungsi
  Keberadaan  perpustakaan  sekolah  diharapkan  berfungsi  sebagai  media pendidikan,  tempat  belajar,  penelitian  sederhana,  pemanfaatan  tehnologi  informasi, kelas alternative dan sumber informasi.
1.      Pendidikan
Bahan  informasi  yang  dikelola  perpustakaan  dapat  berupa  buku  teks, majalah, buku ajar, buku  rujuakan, kumpulan soal, CD,  film, globe dan  lainnya. Bahan-bahan  ini  dimanfaatkan  dalam  aktivitas  sekolah  sebagai  proses  pendidikan secara  mandiri.  Para  guru  bisa  memperoleh  materi  yang  akan  di  sampaikan kepada  siswa.  Para  siswapun  bisa  memperoleh  bacaan  sebagai  bentuk pengembangan diri. Mereka bisa memilih bacaan-bacaan yang di sukai.
2.      Penelitian Sedrhana
Melalui  perpustakaan  para  siswa  dan  guru  dapat  melaksanakan  penelitian sederhana.  Para  siswa  diarahkan  untuk  mencari  tema-tema  penelitian  melalui sumber-sumber  informasi di perpustakaan. Di sana  juga dapat dilakukan kajian dan penelitian linier pada topik-topik tertentu. Penelitian tidak harus di lapangan atau di laboratorium
3.      Pemanfaatan teknologi informasi
Dalam  memperlancar  proses  belajar  mengajar  perlu  pemanfaatan  tehnologi informasi.  Akan  lebih  pas  apabila  perpustakaan  dimanfaatkan  sebagai  media aplikasi  tehnologi  informasi  dalam  alih  dan  pengembangan  ilmu  pengetahuan. Perpustakaan sekolah perlu menyediakan internet, pangkalan data dalam bentuk CD, penyediaan buku elektronik dan lainnya.
4.      Kelas alternatif
Dalam penataan ruang perpustakaan perlu ada ruangan yang difungsikan sebagai ruang kelas. Ruang ini dapat digunakan sebagai ruang baca. Pada hari atau jam tertentu dapat diganakan sebagai ruang pertemuan dan ruang kelas cadangan.

D.              Tujuan
Keberadaan perpustakaan sekolah yang representatif di maksudkan untuk :
1.      Menumbuhkankembangkan minat baca tulis guru dan siswa
Para  siswa  dan  guru  dapat  memanfaatkan  waktu  untuk  mendapat  informasi  di perpustakaan. Kebiasaan  ini mampu meningkatkan minat  baca mereka. Kemudian dari banyak membaca dan kualitas bacaan yang pada akhirnya dapat menimbulkan minat tulis. 
2.      Mengenalkan teknologi informasi
Perkembangan  teknologi  informasi harus  terus diikuti oleh guru dan  siswa. Untuk itu  perlu  proses  pengenalan  dan  penerapan  teknologi  informasi  dari  perpustakaan. Sudah  saatnya  sekolah-sekolah  menyediakan  fasilitas  internet  dengan  bimbingan dan pengawasan yang proporsional.
3.      Membiasakan akses informasi secara mandiri
Para  siswa  perlu  di  dorong  dan  diarahkan  untuk  memiliki  rasa  percaya  diri  dan mandiri untuk mengakses informasi. Hanya orang yang percaya diri dan mandirilah yang mempu mencapai kemajuan.
4.      Memupuk bakat dan minat
Bacaan, tanyangan gambar dan musik di perpustakaan mampu menumbuhkan bakat dan  minat  seseorang.  bakat  anak  dapat  berkembang  pesat  meskipun  nilai pelajarannya  bagus.  Fakta  membuktikan  bahwa  keberhasilan  seseorang  tidak ditentukan oleh nilai yang tinggi tetapi melalui pengembangan bakat dan minat.

Makalah Lengkap : Bisa di pesan Via E-Mail : joeyusi65@yahoo.com 
Via SMS 081563451257 (hanya melayani kumunikasi sms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG SAYA

Foto saya
Juragan Tulis. Blog pelayanan konsultan penulisan, KTI, Tugas akhir, PTK, Skipsi, Tesia ataupun Perangkat pembelajaran. Silakan kontack kami di : juragan1257@gmail.com. Segala bentuk tulisan yang anda butuhkan, akan siap kami layani. Jasa Konsultan untuk masing-masing jenis tulisan adalah : 1. Makalah Word Doc. max 25 hal A4 Rp. 50.000,- 2. Tugas akhir Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 100.000,- 3.Skripsi Word Doc. max 100 hal A4 Rp. 500.000,- 4. Tesis Word Doc. max 150 hal A4 Rp. 1.000.000,- 5. PTK Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 350.000,- CARA ORDER DAN TRANSAKSI PEMBAYARAN LIHAT DI "atribution bol" halaman paling bawah. Terimakasih