Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 Mei 2012

Pengaruh Pelatihan Guru dan Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa di MAN Pacet Kabupaten Cianjur.


Dalam konstelasi dinamika pembangunan di Indonesia, salah satu isu yang menarik untuk dikaji  adalah mutu pendidikan yang rendah. Gejala tentang rendahnya mutu pendidikan di Indonesia semakin dirasakan dan muncul sebagai topik pembicaraan di kalangan para teoritisi, praktisi, bahkan orang awam sekalipun, sehingga setidaknya memunculkan empat pandangan.  Pandangan kesatu melihat mutu pendidikan dari prestasi belajar siswa yang mengukur pengetahuan kognitif. Dalam pandangan ini mutu pendidikan ditentukan oleh struktur dasar keilmuan yang ketat. Pembakuan secara terpusat dilakukan mulai dari kurikulum, pokok bahasan, metode pengajaran, pengadaan sarana dan prasarana, sampai dengan evaluasi belajar, dengan maksud agar setiap materi kurikulum dapat diserap oleh siswa. Kalangan kedua melihat mutu pendidikan dari prosesnya. Pandangan ini menganggap kurikulum tidak perlu terstruktur ketat, yang penting adalah siswa dapat secara aktif belajar.  Pandangan ketiga melihat mutu  pendidikan dari masukannya seperti guru, alat-alat pelajaran, buku pelajaran, perpustakaan dan sarana prasarana pendidikan. Pandangan keempat melihat  mutu pendidikan dari efektivitas dan efisiensi pengelolaan satuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Guru dan Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa di MAN Pacet Kabupaten Cianjur.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal riset. Metode kausal riset adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan  berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada dan mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu, yang dikumpulkan kemudian disusun secara sistematis dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (69,230 > 3.18) maka dapat disimpulkan hipotesis penelitian Adanya Pengaruh Positif  Signifikan Pelatihan Guru Dan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN Pacet Cianjur (Ha:diterima), sedangkan  nilai korelasi yang didapatkan adalah sebesar 0.853, nilai tersebut menunjukkan bila besar derajat kekuatan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat (Pengaruh Pelatihan Guru dan Pengunaan Multimedia Pembelajaran) terhadap variabel terikat (Peningkatan Minat Belajar Siswa) adalah pada hubungan yang sangat kuat karena ada pada kisaran 0.800 - 1.000 berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi pada bab III. Sedangkan pengaruh Pelatihan Guru dan Penggunaan Multimedia Pembelajaran,  terhadap variabel terikat Peningkatan Minat Belajar Siswa sebesar 72,7% dan sisanya sebesar 27,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: Pelatihan Guru, Penggunaan Multimedia, Peningkatan Minat Belajar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG SAYA

Foto saya
Juragan Tulis. Blog pelayanan konsultan penulisan, KTI, Tugas akhir, PTK, Skipsi, Tesia ataupun Perangkat pembelajaran. Silakan kontack kami di : juragan1257@gmail.com. Segala bentuk tulisan yang anda butuhkan, akan siap kami layani. Jasa Konsultan untuk masing-masing jenis tulisan adalah : 1. Makalah Word Doc. max 25 hal A4 Rp. 50.000,- 2. Tugas akhir Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 100.000,- 3.Skripsi Word Doc. max 100 hal A4 Rp. 500.000,- 4. Tesis Word Doc. max 150 hal A4 Rp. 1.000.000,- 5. PTK Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 350.000,- CARA ORDER DAN TRANSAKSI PEMBAYARAN LIHAT DI "atribution bol" halaman paling bawah. Terimakasih