Total Tayangan Halaman

Kamis, 17 Mei 2012

KTI KIMIA "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA IKATAN ION DAN IKATAN KOVALEN MELALUI PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA SEDERHANA PADA SISWA KELAS X.1 MAN PACET KABUPATEN CIANJUR"

ABSTRAK


Mata pelajaran Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas X.1 MAN Pacet . Hasil belajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar Kimia masih rendah dan proses pembelajaran atau  sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan Animasi Multimedia Sederhana yang merupakan hasil rekayasa software Komputer. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (adalah kependekan dari: Somatic yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menanggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, dan memecahkan masalah.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep kimia. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Pada siklus I menunjukan peningkatan prosentase aktivitas siswa, pada pertemuan pertama 30% dan pertemuan kedua 65%. Sedangkan di siklus II pertemuan pertama 70% dan pertemua kedua 85%. Hasil belajar pun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 70%, sedangkan disiklus II ketuntasan belajar 83%, disamping itu tanggapan siswa juga positif terhadap model pembelajaran kooperatif  tipe SAVI ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan prosentase 76% dengan model pembelajaran ini.

Kata kunci :  Animasi; Motivasi ; Hasil Belajar ; Abstrak ; Pembelajaran  Kooperatif SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TENTANG SAYA

Foto saya
Juragan Tulis. Blog pelayanan konsultan penulisan, KTI, Tugas akhir, PTK, Skipsi, Tesia ataupun Perangkat pembelajaran. Silakan kontack kami di : juragan1257@gmail.com. Segala bentuk tulisan yang anda butuhkan, akan siap kami layani. Jasa Konsultan untuk masing-masing jenis tulisan adalah : 1. Makalah Word Doc. max 25 hal A4 Rp. 50.000,- 2. Tugas akhir Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 100.000,- 3.Skripsi Word Doc. max 100 hal A4 Rp. 500.000,- 4. Tesis Word Doc. max 150 hal A4 Rp. 1.000.000,- 5. PTK Word Doc. max 75 hal A4 Rp. 350.000,- CARA ORDER DAN TRANSAKSI PEMBAYARAN LIHAT DI "atribution bol" halaman paling bawah. Terimakasih